Selasa, 05 Mei 2015

SEO ( Search Engine Optimization )

Pengertian  SEO ( Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sutau tehnik untuk memaksimalkan suatu website agar bisa lebih dikenal dan lebih mudah di baca oleh search engine.Teknik SEO dilakukan melalui proses yang systematis dimana tehnik SEO ini harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada search engine yang menjadi tujuannya. Tehnik SEO dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Onpage Optimazation yaitu teknik melakukan optimasi dari dalam suatu website dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian suatu website misalkan menentukan title, tag, content yang relevan dengan title dan lain-lain.

2. Offpage Optimazation yaitu teknik optimasi yang dilakukan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada alogaritma search engine tertentu misalkan memperbanyak backlink yang berkualitas.

SEO sendiri dapat diterapkan untuk segala jenis website, baik itu website yang berisi informasi hingga website yang dipergunakan untuk keperluan komersil dalam menjual barang dan jasa. Dalam melakukan optimasi website terhadap search engine sebenarnya dibutuhkan sangat banyak pertimbangan dengan tujuan yang sama yaitu membawa sebuah website ke posisi yang paling layak di search engine. Penggunaan teknik-teknik SEO wajib diperlukan dalam upaya optimasi sebuah website mulai dari membangun website itu sendiri menjadi sebuah situs yang disenangi oleh mesin pencari (SEO Frienly) hingga teknik link building.

Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm). Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates.

Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia. Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.  Bila anda memiliki website bisnis seperti jualan online, berita, jasa, dan lainnya, ada baiknya anda juga mempelajari apa itu SEO. Karena website bisnis online dan SEO bila disatukan maka hasilnya akan lebih maksimal, lain halnya bila anda hanya mengandalkan website semata.

Point utama yang harus sangat diperhatikan adalah optimasi harus dilakukan senatural mungkin di mata Search Engine. SEO yang natural akan sangat menentukan keberhasilan situs yang kita optimasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar